Batu empedu dan empedu

Gejala infeksi kandung empedu yang paling umum dan paling ringan adalah nyeri tajam dan intermiten yang berhubungan dengan diare di bagian kanan atas perut.

Batu empedu dan empedu Anda lebih mungkin menderita

Dalam kebanyakan kasus, pasien menderita nyeri yang terus menerus menggerogoti atau mengepal di bagian kanan bawah perut, tepat di atas tulang rusuk, yang ditandai dengan sensasi menusuk atau kesemutan yang akan menjalar ke atas ke punggung bawah. Beberapa pasien juga mengalami mual atau muntah, sementara yang lain merasakan ketidaknyamanan di area perut. Rasa sakit dan gejala lainnya sering disalahartikan sebagai gangguan pencernaan oleh banyak orang.

Infeksi kandung empedu biasanya disebabkan oleh parasit dan bakteri yang terdapat di saluran pencernaan. Bakteri, parasit, dan bahkan virus dapat menyebabkan kondisi ini. Terkadang, kantong empedu membesar, yang mungkin memerlukan pembedahan untuk diangkat. Jika Anda mengalami gejala batu empedu atau infeksi kandung empedu, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter dan dapatkan bantuan medis.

Gangguan kandung empedu biasanya terjadi akibat ketidakmampuan tubuh memproduksi empedu, zat yang dibutuhkan untuk mencerna lemak, karbohidrat, dan protein. Penyakit kandung empedu terjadi ketika saluran empedu atau kandung empedu tersumbat, biasanya karena pembesaran kandung empedu atau tumor.

Gejala berupa mual, muntah, demam, dan rasa berkapur di mulut. Jika Anda mengalami salah satu gejala tersebut, sebaiknya segera periksakan ke dokter karena bisa menandakan kondisi kandung empedu atau batu empedu yang sudah lanjut.

Gejalanya bisa menjadi sangat serius dan bahkan fatal jika tidak ditangani sejak dini. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memeriksakan kantung empedu Anda untuk mencari batu empedu. Meskipun batu empedu tidak berbahaya bagi kesehatan Anda, namun dapat menyebabkan komplikasi seperti pankreatitis akut, batu empedu juga dapat menyebabkan batu empedu terlepas dan menyebabkan infeksi.

Meskipun gangguan kandung empedu dan batu empedu biasanya jarang terjadi, mereka dapat terjadi pada seseorang dengan sistem kekebalan yang lemah dan masalah kesehatan kronis lainnya. Misalnya, penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan batu empedu. Batu empedu juga bisa terbentuk jika Anda tidak cukup sering mengeluarkan kandung empedu.

Batu empedu dan empedu kandung empedu setiap hari

Jika Anda tidak mengeluarkan kandung empedu setiap hari atau secara teratur, ada kemungkinan besar batu empedu akan menempel di esofagus atau limpa dan menyebabkan peradangan dan penyumbatan.

Batu empedu dan empedu juga dapat terbentuk di usus besar, dan jika kantong empedu tersumbat, hal ini juga dapat menyebabkan batu empedu. Anda dapat mencegahnya dengan memastikan Anda mengeluarkan kantong empedu setiap hari.

Kabar baiknya adalah batu empedu dan empedu dapat diobati dan diangkat dengan operasi, tetapi ini adalah salah satu pengobatan terakhir yang tersedia untuk pengobatan. Dalam kebanyakan kasus, batu empedu dapat diangkat melalui pembedahan tetapi mungkin diperlukan beberapa minggu sebelum kantong empedu diangkat sepenuhnya. Sering kali, dokter menganjurkan operasi jika penyakitnya sudah semakin parah. Penting juga untuk menjalani tes fungsi hati untuk memastikan bahwa kantong empedu tidak menyebabkan lebih banyak kerusakan pada kantong empedu itu sendiri. Karena tidak ada penyebab pasti batu empedu, tidak mungkin untuk memprediksi berapa lama proses pengangkatan akan berlangsung atau berapa waktu pemulihannya.

Salah satu cara mencegah batu empedu adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serat. Serat membantu tubuh Anda menyerap nutrisi dari makanan dan mencegahnya disimpan di kantong empedu. Jika Anda memiliki kantong empedu yang tidak aktif, Anda lebih mungkin menderita batu empedu dan kandung empedu karena kurang mampu menyerap nutrisi.

Batu empedu dan empedu dapat terjadi sebagai akibat gagal ginjal atau bentuk penyakit ginjal lainnya. Jika ginjal Anda berfungsi dengan baik, dokter Anda mungkin merekomendasikan perawatan yang akan membantu mencegah batu empedu dan kantong empedu terbentuk.

Batu empedu dan kandung empedu dapat diobati dengan obat yang berfungsi untuk mengangkat kantong empedu dan mencegah komplikasi lebih lanjut terbentuk di kantong empedu Anda. Namun, ini biasanya membutuhkan beberapa minggu hingga berbulan-bulan pengobatan yang harus diminum seiring waktu.

Cara terbaik untuk mencegah batu empedu dan kantong empedu adalah dengan mengambil langkah-langkah untuk mencegahnya terbentuk. Jika Anda memilikinya, Anda dapat mengambil langkah untuk mengeluarkannya sebelum terbentuk untuk mengurangi risiko komplikasi berkembang. Jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda peringatan tersebut, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter Anda. Mengambil tindakan untuk mencegah batu empedu dan empedu dapat mencegah masalah menjadi lebih buruk dan memastikannya tidak mengancam nyawa.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *